UAS MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen Pemasaran Produk Beras Organik
A.Segmentasi,Targeting dan Positioning Produk Beras Organik
Kegiatan penjualan yang baik adalah mampu terserapnya produk dengan baik di pasaran atau konsumen sehingga perusahaan dapat memperoleh apa yang menjadi tujuannya. Dapat dirumuskan strategi peningkatan penjualan sebagai berikut:
1.Mengenali Segmen atau target pasar
Diketahuinya bagaimana profil dari masing-masing segmen yang terbentuk atau target pasar, maka mempermudah perusahaan untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan dari masing-masing calon konsumen tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang baik. Memberikan pelayanan yang baik maka akan mampu mempengaruhi tingkat keloyalan konsumen terhadap perusahaan.
2.Meningkatkan atribut yang menjadi keunggulan produk
Produk beras merah organik memiliki keunggulan dalam atribut kesehatan, kemasan, dan aroma. Atribut tersebut baiknya dipertahankan dan ditingkatkan untuk mampu terus bersaing dengan produk lainnya dan mampu bertahan dalam kompetisi persaingan.
3.Memberikan diskon harga dan menjaga kualitas
Memberikan diskon harga dan menjaga kualitas agar konsumen memiliki kesan/image yang lebih positif terhadap produk beras merah organik Jatiluwih Bali.
4.Menggunakan Internet Marketing
Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menampilkan produk usaha pada situs jejaring internet.
5.Memperluas jaringan mitra bisnis
Kemudahan konsumen untuk memperoleh produk beras merah tentu menjadi nilai plus bagi perusahaan. Konsumen tidak perlu kesulitan lagi untuk mampu mendapatkan apa yang mereka inginkan.
6.Mengikuti kegiatan pameran
Kegiatan promosi juga dapat dilakukan melalui pameran-pameran organik yang banyak diselenggarakan oleh dinas terkait, dan mampu membantu memperkenalkan produk melalui kegiatan pameran yang diselenggarakan.
7.Diversifikasi olahan beras merah
Mengembangkan olahan produk beras merah organik yang diolah menjadi teh beras merah dan tepung beras merah tujuannya adalah untuk meningkatkan nilai tambah.
B.Bauran Pemasaran Produk Beras Merah Organik
1.Product (produk)
Produk yang dijual yaitu beras merah organik dengan berat 1Kg dan 2kg.
2. Price (harga)
Penentuan harga beras merah organik ini didasarkan pada harga pasar yaitu untuk 1kg dengan harga Rp 36..000 dan untuk 2 Kg dengan harga Rp 70.000.
3. Place (tempat)
Lokasi pemasaran usaha beras merah organik yaitu melalui media sosial seperti instagram, Facebook dan WhatsApp.
4. Promotion (promosi)
Promosi yang dilakukan untuk menjual produk adalah memperkenalkan langsung produknya dengan promosi menggunakan pamflet-pamflet yang menarik melalui media online instagram, facebook dan WhatsApp.
C. Poster Produk Beras Merah Organik
D.Daya Saing Produk Beras Merah Organik di Pasar Organik
Untuk memasuki pasar ASEAN, produk beras merah organik harus dapat memberi pengaruh bagi perkembangan. Banyak indikator yang perlu diperhatikan dalam mengatasi persaingan dalam pasar ASEAN dimana pasar ASEAN memiliki peluang yang cukup besar dalam memasarkan produk ini. Pangsa pasar yang luas, menjadi salah satu faktor yang dapat mencapai target omset di tahun 2021. Dengan adanya impor yang dilakukan oleh perusahaan, maka harus siap dengan segala konsekuensi. Daya saing di pasar ASEAN sudah pasti akan ketat. Akan tetapi, dengan melakukan riset pasar kita dapat mencari tahu apakah kita dapat memasuki pasar tersebut atau tidak. Terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan daya saing beras, yaitu meningkatkan produksi, meningkatkan efisiensi dan modernisasi dari hulu hilir, fokus pada beras khusus dengan kualitas tinggi dan promosi membuka pasar ke negara luar.
Komentar
Posting Komentar