UAS MANAJEMEN PEMASARAN


 Manajemen Pemasaran Produk Beras Organik

A.Segmentasi,Targeting dan Positioning Produk Beras Organik

Kegiatan penjualan yang baik adalah mampu terserapnya produk   dengan  baik  di   pasaran   atau   konsumen  sehingga   perusahaan   dapat memperoleh  apa yang  menjadi  tujuannya.  Dapat  dirumuskan  strategi  peningkatan penjualan sebagai berikut:

1.Mengenali Segmen atau target pasar

Diketahuinya  bagaimana  profil  dari  masing-masing  segmen  yang  terbentuk atau target pasar, maka mempermudah perusahaan untuk mengetahui apa yang menjadi  keinginan  dari  masing-masing  calon  konsumen  tersebut.  Hal  ini bertujuan  untuk  memberikan  pelayanan  yang baik.  Memberikan  pelayanan yang  baik  maka  akan  mampu  mempengaruhi  tingkat  keloyalan  konsumen terhadap perusahaan. 

2.Meningkatkan atribut yang menjadi keunggulan produk

Produk beras merah organik memiliki keunggulan dalam atribut kesehatan, kemasan,  dan  aroma.  Atribut  tersebut  baiknya  dipertahankan  dan ditingkatkan  untuk  mampu  terus  bersaing  dengan  produk  lainnya  dan  mampu bertahan dalam kompetisi persaingan.

3.Memberikan diskon harga dan menjaga kualitas

Memberikan  diskon  harga  dan  menjaga kualitas  agar  konsumen  memiliki kesan/image  yang lebih positif terhadap produk beras merah organik Jatiluwih Bali.

4.Menggunakan Internet Marketing

Salah  satu  kegiatan  promosi  yang  dilakukan  adalah  dengan  memanfaatkan kecanggihan  teknologi.  Hal  ini  dapat  dilakukan  dengan  cara  menampilkan produk usaha pada situs jejaring internet.

5.Memperluas jaringan mitra bisnis

Kemudahan   konsumen   untuk  memperoleh   produk   beras   merah  tentu menjadi nilai plus bagi perusahaan. Konsumen tidak perlu kesulitan lagi untuk mampu mendapatkan apa yang mereka inginkan.

6.Mengikuti kegiatan pameran

Kegiatan  promosi  juga  dapat  dilakukan  melalui  pameran-pameran  organik yang   banyak   diselenggarakan   oleh   dinas   terkait,   dan   mampu   membantu memperkenalkan produk melalui kegiatan pameran yang diselenggarakan.

7.Diversifikasi olahan beras merah

Mengembangkan olahan produk beras merah organik yang diolah menjadi teh beras merah  dan  tepung  beras  merah  tujuannya  adalah  untuk  meningkatkan  nilai tambah.

B.Bauran Pemasaran Produk Beras Merah Organik

1.Product (produk)

Produk yang dijual  yaitu beras merah organik dengan berat 1Kg dan 2kg.

2. Price (harga)

Penentuan harga beras merah organik ini didasarkan pada harga pasar yaitu untuk 1kg dengan harga Rp 36..000 dan untuk 2 Kg dengan harga Rp 70.000. 

3. Place (tempat)

Lokasi pemasaran usaha beras merah organik yaitu melalui media sosial seperti  instagram, Facebook dan WhatsApp.

4. Promotion (promosi)

Promosi yang dilakukan untuk menjual produk adalah memperkenalkan langsung produknya dengan promosi menggunakan pamflet-pamflet yang menarik melalui media online instagram, facebook dan WhatsApp.  

C. Poster Produk Beras Merah Organik

  



D.Daya Saing Produk Beras Merah Organik di Pasar Organik

Untuk memasuki pasar ASEAN, produk beras merah organik harus dapat memberi pengaruh bagi perkembangan. Banyak indikator yang perlu diperhatikan dalam mengatasi persaingan dalam pasar ASEAN dimana pasar ASEAN memiliki peluang yang cukup besar dalam memasarkan produk ini. Pangsa pasar yang luas, menjadi salah satu faktor yang dapat mencapai target omset di tahun 2021. Dengan adanya impor yang dilakukan oleh perusahaan, maka harus siap dengan segala konsekuensi. Daya saing di pasar ASEAN sudah pasti akan ketat. Akan tetapi, dengan melakukan riset pasar kita dapat mencari tahu apakah kita dapat memasuki pasar tersebut atau tidak. Terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan daya saing beras, yaitu meningkatkan produksi, meningkatkan efisiensi dan modernisasi dari hulu hilir, fokus pada beras khusus dengan kualitas tinggi dan promosi membuka pasar ke negara luar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Potensi dan Peluang Ekspor

Jadi Pengusaha Mandiri # JAPRI 2

Rantai Pasok Peternakan