Jadi Pengusaha Mandiri# JAPRI 4
Pemasaran
Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif
Untuk dapat menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran
agar konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar dapat
menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang efektif. Hal ini
bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat menginformasikan produk
yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target konsumen kita. Namun, sebelum kita
masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit mengenai makna dari strategi pemasaran.
Manfaat strategi pemasaran
a.Merencanakan produk dan membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
b.Menentuk harga jual yang tepat.
c.Mempromosik produk dengan cara dan saluran media yang tepat.
Strategi pemasaran yang lazim digunakan adalah bauran pemasaran 4P (Marketing Mix).
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari 4 kegiatan (4P) yang merupakan inti dari sistem
pemasaran.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran juga dikenal dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga),
barang maupun jasa. Hal-hal yang termasuk product meliputi: variasi, kualitas, desain,
merek, dan kemasan.
untuk memiliki / menikmati barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk
price meliputi: daftar harga dan diskon potongan harga.
dimana calon konsumen bisa dengan mudah menjangkau atau mendapatkan barang
atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk place meliputi: lokasi penjualan,
wilayah penjualan, dan alat transportasi.
pengusaha untuk mengenalkan barang atau jasa yang dijual dan menarik minat calon
konsumen untuk membeli, termasuk media yang digunakan untuk promosi. Hal-hal
yang termasuk promotion meliputi: brosur, poster, iklan di koran, majalah, radio, media
online (facebook dan Instagram), spanduk, dan lain-lain.
Sebelum menerapkan 4p diatas,ada beberapa yang perlu di pertimbangkan,yaitu:
membantu dan mampu menyelesaikan masalah konsumen.
konsumen untuk membeli produk tersebut harus sesuai atau setara dengan kebutuhan
atau keinginannya.
Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa tersebut mampu menyenangkan
konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.
baik sebelum membeli, saat membeli, maupun sesudah pembelian barang atau jasa.
Anggaran Pemasaran
Setelah menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran
pemasaran. Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran
pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon konsumen yang
dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari aktivitas pemasaran
saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti produksi.
Anggaran pemasaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, biasanya tergantung pada situasi
dan kondisi usaha dan konsumen. Ada beberapa bulan dimana permintaan konsumen
terhadap barang atau jasa tertentu cukup banyak, misalnya bulan Juni dan Juli yang
mendekati tahun ajaran baru bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Bila usaha kita menjual
seragam sekolah, maka permintaan konsumen untuk seragam sekolah pada bulan tersebut
biasanya lebih banyak daripada bulan-bulan yang lain. Pada bulan tersebut, anggaran
pemasaran dimungkinkan untuk ditingkatkan agar permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan maksimal.
Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif
Untuk dapat menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran
agar konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar dapat
menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang efektif. Hal ini
bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat menginformasikan produk
yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target konsumen kita. Namun, sebelum kita
masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit mengenai makna dari strategi pemasaran.
Strategi: Cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa
yang diinginkan (tujuan).
Pemasaran: kegiatan-kegiatan yang terdiri dari menentukan harga jual, menetapkan
pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan
terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Strategi pemasaran: cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk
menentukan harga jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur
penjualan, mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih.
a.Merencanakan produk dan membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
b.Menentuk harga jual yang tepat.
c.Mempromosik produk dengan cara dan saluran media yang tepat.
Strategi pemasaran yang lazim digunakan adalah bauran pemasaran 4P (Marketing Mix).
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari 4 kegiatan (4P) yang merupakan inti dari sistem
pemasaran.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran juga dikenal dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga),
- place (tempat penjualan/jalur distribusi), dan promotion (promosi).
- Product (produk) adalah sesuatu yang ditawarkan ke calon konsumen, baik berupa
barang maupun jasa. Hal-hal yang termasuk product meliputi: variasi, kualitas, desain,
merek, dan kemasan.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh calon konsumen
untuk memiliki / menikmati barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk
price meliputi: daftar harga dan diskon potongan harga.
- Place (tempat penjualan / jalur distribusi) adalah merupakan lokasi atau tempat
dimana calon konsumen bisa dengan mudah menjangkau atau mendapatkan barang
atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk place meliputi: lokasi penjualan,
wilayah penjualan, dan alat transportasi.
- Promotion (promosi) adalah kegiatan-kegiatan atau cara yang dilakukan oleh
pengusaha untuk mengenalkan barang atau jasa yang dijual dan menarik minat calon
konsumen untuk membeli, termasuk media yang digunakan untuk promosi. Hal-hal
yang termasuk promotion meliputi: brosur, poster, iklan di koran, majalah, radio, media
online (facebook dan Instagram), spanduk, dan lain-lain.
Sebelum menerapkan 4p diatas,ada beberapa yang perlu di pertimbangkan,yaitu:
- Solusi Pelanggan (Customer Solution). Barang atau jasa yang dijual harusnya dapat
membantu dan mampu menyelesaikan masalah konsumen.
- Biaya Pelanggan (Customer Cost). Barang atau jasa yang akan dibayarkan oleh
konsumen untuk membeli produk tersebut harus sesuai atau setara dengan kebutuhan
atau keinginannya.
Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa tersebut mampu menyenangkan
konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.
- Komunikasi (Communication). Pengusaha dan konsumen dapat melakukan komunikasi
baik sebelum membeli, saat membeli, maupun sesudah pembelian barang atau jasa.
Anggaran Pemasaran
Setelah menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran
pemasaran. Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran
pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon konsumen yang
dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari aktivitas pemasaran
saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti produksi.
Anggaran pemasaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, biasanya tergantung pada situasi
dan kondisi usaha dan konsumen. Ada beberapa bulan dimana permintaan konsumen
terhadap barang atau jasa tertentu cukup banyak, misalnya bulan Juni dan Juli yang
mendekati tahun ajaran baru bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Bila usaha kita menjual
seragam sekolah, maka permintaan konsumen untuk seragam sekolah pada bulan tersebut
biasanya lebih banyak daripada bulan-bulan yang lain. Pada bulan tersebut, anggaran
pemasaran dimungkinkan untuk ditingkatkan agar permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan maksimal.
Komentar
Posting Komentar