Jadi Pengusaha Mandiri# JAPRI 4

Pemasaran

Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif


Untuk dapat menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran
agar konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar dapat
menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang efektif. Hal ini
bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat menginformasikan produk
yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target konsumen kita. Namun, sebelum kita
masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit mengenai makna dari strategi pemasaran.

Strategi: Cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa 
yang diinginkan (tujuan).
Pemasaran: kegiatan-kegiatan yang terdiri dari menentukan harga jual, menetapkan 
pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan 
terhadap segmen konsumen yang dipilih. 
Strategi pemasaran: cara-cara yang dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk 
menentukan harga jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur 
penjualan, mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih. 

Manfaat strategi pemasaran
a.Merencanakan produk dan membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
b.Menentuk harga jual yang tepat.
c.Mempromosik produk dengan cara dan saluran media yang tepat.

Strategi pemasaran yang lazim digunakan adalah bauran pemasaran 4P (Marketing Mix).
Bauran pemasaran adalah kombinasi dari 4 kegiatan (4P) yang merupakan inti dari sistem
pemasaran.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran juga dikenal dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga),

  • place (tempat penjualan/jalur distribusi), dan promotion (promosi).
  • Product (produk) adalah sesuatu yang ditawarkan ke calon konsumen, baik berupa 

barang maupun jasa. Hal-hal yang termasuk product meliputi: variasi, kualitas, desain,
merek, dan kemasan.

  • Price (harga) adalah sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh calon konsumen 

untuk memiliki / menikmati barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk
price meliputi: daftar harga dan diskon potongan harga.

  • Place (tempat penjualan / jalur distribusi) adalah merupakan lokasi atau tempat 

dimana calon konsumen bisa dengan mudah menjangkau atau mendapatkan barang
atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk place meliputi: lokasi penjualan,
wilayah penjualan, dan alat transportasi.

  • Promotion (promosi) adalah kegiatan-kegiatan atau cara yang dilakukan oleh 

pengusaha untuk mengenalkan barang atau jasa yang dijual dan menarik minat calon
konsumen untuk membeli, termasuk media yang digunakan untuk promosi. Hal-hal
yang termasuk promotion meliputi: brosur, poster, iklan di koran, majalah, radio, media
online (facebook dan Instagram), spanduk, dan lain-lain.

Sebelum menerapkan 4p diatas,ada beberapa yang perlu di pertimbangkan,yaitu:

  • Solusi Pelanggan (Customer Solution). Barang atau jasa yang dijual harusnya dapat 

membantu dan mampu menyelesaikan masalah konsumen.

  • Biaya Pelanggan (Customer Cost). Barang atau jasa yang akan dibayarkan oleh 

konsumen untuk membeli produk tersebut harus sesuai atau setara dengan kebutuhan
atau keinginannya.
Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa tersebut mampu menyenangkan
konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.

  • Komunikasi (Communication). Pengusaha dan konsumen dapat melakukan komunikasi 

baik sebelum membeli, saat membeli, maupun sesudah pembelian barang atau jasa.

Anggaran Pemasaran
Setelah menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran
pemasaran. Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran
pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon konsumen yang
dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari aktivitas pemasaran
saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti produksi.

Anggaran pemasaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, biasanya tergantung pada situasi
dan kondisi usaha dan konsumen. Ada beberapa bulan dimana permintaan konsumen
terhadap barang atau jasa tertentu cukup banyak, misalnya bulan Juni dan Juli yang
mendekati tahun ajaran baru bagi sekolah-sekolah di Indonesia. Bila usaha kita menjual
seragam sekolah, maka permintaan konsumen untuk seragam sekolah pada bulan tersebut
biasanya lebih banyak daripada bulan-bulan yang lain. Pada bulan tersebut, anggaran
pemasaran dimungkinkan untuk ditingkatkan agar permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Potensi dan Peluang Ekspor

Jadi Pengusaha Mandiri # JAPRI 2

Rantai Pasok Peternakan